PILOT PROJECT

BUKU : Menata Kota melalui RDTR

2
Kompleksitas permasalahan yang dihadapi di atas ruang/lahan membutuhkan penanganan yang tepat, menyeluruh, dan harus dapat mengakomodasi seluruh kepentingan yang ada. Oleh karena itulah dibutuhkan rencana tata ruang, terutama yang skalanya detail, sebagai satu instrumen untuk menangani permasalahan-permasalahan yang ada di atas ruang/lahan.

Selain keberadaan rencana, hal penting lain yang juga diperlukan adalah kemampuan dan kemauan dalam implementasi rencana tata ruang tersebut, yang mana juga bukan hanya urusan pemerintah semata, tetapi juga ada pemangku kepentingan lain atas ruang tersebut.

Buku Menata Kota Melalui Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) merupakan bentuk knowledge sharing yang juga manifestasi dari pekerjaan penyusunan RDTR dan PZ yang dikerjakan oleh tim dari studio Urban Planning & Public Policy Development dan telah diperjualbelikan secara luas.

What's Next : ON GOING PROJECT

BUKU : Buku Fotogrametri Dalam Penataan Ruang

publication 4
Kebutuhan data spasial dalam pembangunan menjadi suatu keniscayaan saat ini, ketika penataan ruang semakin disorot seiring dengan pesatnya pertumbuhan wilayah. Hingga saat ini, citra satelit atau foto udara (dengan metode akuisisi dari pesawat berawak) masih menjadi andalan untuk dijadikan bahan mentah pembuatan peta-peta dasar. Sayangnya, meskipun telah ada kebijakan One Map Policy, belum seluruh daerah di Indonesia yang citranya tersedia, apalagi untuk kebutuhan dokumen rencana tata ruang yang skalanya detail.

Teknologi berkembang pesat. Para ilmuwan dan engineer berlomba-lomba menciptakan peralatan yang tepat guna. Salah satunya hadirlah UAV (Unmanned Aerial Vehicle), atau pesawat tanpa awak, atau lebih dikenal dengan sebutan drone. Dengan spesifikasi peralatan, software, dan sistem tertentu, ternyata drone bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto udara sesuai kaidah-kaidah fotogrametris dan kaidah-kaidah kebutuhan peta dalam penataan ruang. Keuntungannya, untuk lingkup wilayah tertentu dengan luasan yang lebih kecil, biaya dan waktu bisa lebih efisien.

Buku ini mencoba membagi pengetahuan dan pengalaman Kami selama ini dalam memproduksi peta-peta dasar maupun tematik untuk kebutuhan penataan ruang maupun kebutuhan lain, baik permintaan dari instansi swasta maupun instansi pemerintah.